7 Momen Yang Mendefinisikan Permainan Bola Basket Lituania

7 Momen Yang Mendefinisikan Permainan Bola Basket Lituania

7 Momen Yang Mendefinisikan Permainan Bola Basket Lituania – Ada pepatah yang mengatakan bahwa bola basket adalah agama kedua di Lithuania. Dengan kurang dari 3 juta orang, Lituania selalu menjadi salah satu tim terkuat dan paling bersemangat di dunia. Banyak generasi dan tradisi telah berubah di Lituania selama bertahun-tahun, tetapi kecintaan pada permainan bola basket tetap sama. Berikut adalah momen terpenting dalam sejarah bola basket Lituania.

7 Momen Yang Mendefinisikan Permainan Bola Basket Lituania

1937 dan 1939 Eurobasket emas

Lithuania adalah salah satu negara pertama yang mulai bermain bola basket di Eropa setelah dibawa ke negara itu oleh pelatih dan pemain Amerika Lithuania. Setelah Latvia memenangkan EuroBasket pertama pada tahun 1935, Lithuania berhasil memenangkan yang kedua dan ketiga pada tahun 1937 dan 1939. Hanya 8 tim yang bermain di Kejuaraan Eropa itu dan itu jelas bukan olahraga arus utama seperti sekarang ini, tetapi emas itu medali masih merupakan pencapaian besar untuk negara sekecil itu. Orang-orang Lituania langsung jatuh cinta dengan permainan dan setelah 80 tahun, cinta ini sekuat sebelumnya. http://www.realworldevaluation.org/

Pranas Lubinas adalah orang yang mempopulerkan bola basket di Lituania pada tahun 1930-an dan hari ini ia dikenal sebagai kakek dari bola basket Lituania. Lubinas bahkan menjadi MVP di EuroBasket 1939 tetapi dia tidak bisa mendapatkan penghargaan karena dia terlalu tinggi menurut peraturan resmi. http://www.realworldevaluation.org/

Medali perunggu Olimpiade 1992

Olimpiade Musim Panas 1992 sangat penting bagi Lituania karena merupakan pertandingan Olimpiade pertama bagi Lituania setelah memperoleh kembali kemerdekaannya dari Uni Soviet. Pemain bola basket kelas dunia seperti Arvydas Sabonis dan arūnas Marčiulionis akhirnya bisa bermain di bawah bendera mereka sendiri alih-alih mewakili Uni Soviet.

Itulah sebabnya siapa pun yang melihat tim bola basket Lituania di lapangan dapat mengatakan bahwa itu lebih dari sekadar permainan olahraga bagi tim itu – ini adalah cara untuk menunjukkan bahwa Lituania adalah negara yang hebat dan mandiri setelah bertahun-tahun pendudukan Soviet. Semua orang tahu bahwa tim USA adalah tim impian pada tahun 1992, tetapi tim Lituania akan selalu dikenang sebagai tim impian lainnya.

Puncak dari turnamen bola basket Olimpiade 1992 tidak bisa lebih baik untuk Lithuania – memenangkan medali perunggu setelah mengalahkan mantan penghuninya 82:78. Setelah 50 tahun pendudukan, itu adalah kemenangan balasan penting yang dibanggakan setiap orang Lituania bahkan setelah 25 tahun.

1999 Kaunas “Žalgiris” menang di EuroLeague

Kaunas “Žalgiris” tidak diragukan lagi adalah klub bola basket Lituania yang paling terkenal dan sukses yang pernah ada dan bentrokannya dengan Moscow Cska di tahun 90-an menarik banyak orang bukan hanya karena kualitas bola basket yang luar biasa, tetapi juga karena cita rasa politiknya.

Selama bertahun-tahun, “Žalgiris” terbukti menjadi tim top di Eropa, tetapi tidak ada yang bisa mengharapkan mereka untuk memenangkan EuroLeague, turnamen bola basket klub Eropa paling bergengsi di musim 1998-1999. Tahun itu Kaunas “Žagiris” menunjukkan kepada dunia bahwa hati yang besar dan cinta untuk permainan dapat mengalahkan jumlah uang dan memenangkan final melawan klub kaya Bologna Kinder melawan segala rintangan.

Kekalahan semifinal Olimpiade 2000 melawan AS

Pada tahun 2000, generasi baru pemain bola basket Lituania, termasuk arūnas Jasikevičius dan Ramūnas iškauskas, datang ke Olimpiade dengan ambisi tinggi, tetapi tidak ada yang menyangka tim ini akan menang melawan AS bersama Kevin Garnett, Ray Allen, Vince Carter, dan lainnya. superstar NBA. Namun, Lithuania melemparkan satu neraka pertarungan di semifinal dan memiliki semua peluang untuk mengecewakan tim impian tetapi datang pendek dan kalah 85-83.

Semua penggemar bola basket Lituania ingat bagaimana Ramūnas iškauskas melewatkan dua lemparan bebas kopling, yang bisa menyegel kesepakatan. Meskipun ini adalah pertandingan paling pahit dalam sejarah bola basket Lituania, ini juga salah satu yang paling penting, yang memberi Lituania lebih banyak kekuatan dan keinginan untuk menang.

Euro Keranjang emas 2003

Orang-orang di Lithuania telah menunggu momen ini selama 64 tahun dan akhirnya terjadi pada 14 September 2003, ketika Lithuania mengalahkan Spanyol di final EuroBasket dan menjadi tim terkuat di Eropa lagi. Lithuania memenangkan setiap pertandingan tahun itu dan pemain seperti arūnas Jasikevičius, Arvydas Macijauskas, Ramūnas iškauskas dan Saulius tombergas menjadi pahlawan negara kecil ini.

Semua orang dari anak terkecil hingga orang tua merayakan kemenangan sepanjang malam dan selama berbulan-bulan mendatang. Sulit untuk membantah bahwa tim bola basket Lituania 2003 bukanlah salah satu tim bola basket terhebat yang pernah ada.

Kemenangan Olimpiade 2004 melawan Amerika Serikat

Lithuania menunggu kemenangan melawan Amerika Serikat selama 12 tahun dan akhirnya terjadi di Olimpiade 2004, ketika tim bola basket Lithuania mengalahkan Amerika Serikat 94-90 dan menunjukkan kepada dunia bahwa siapa pun dapat dikalahkan. Setiap penggemar bola basket Lituania menonton pertandingan itu setidaknya beberapa kali dan akan selalu mengatakan bahwa tiga poin ikonik arūnas Jasikevičius di akhir kuarter keempat adalah hal terbesar yang pernah terjadi pada bola basket Lituania.

Sayangnya, Lithuania finis keempat tahun itu setelah kalah di semifinal melawan Italia dan gagal mengalahkan Amerika Serikat untuk kedua kalinya di turnamen yang sama dalam pertandingan perunggu.

7 Momen Yang Mendefinisikan Permainan Bola Basket Lituania

Perunggu 2010 di Kejuaraan Dunia

Meskipun Lithuania telah memenangkan banyak medali di EuroBasket dan Olimpiade, entah bagaimana selalu gagal untuk menyelesaikan di atas di Kejuaraan Dunia hingga 2010. Tahun itu Lithuania mengumpulkan tim pemain muda, termasuk Linas Kleiza dan Mantas Kalnietis, dan memenangkan setiap pertandingan tapi semifinal melawan Amerika Serikat.

Tak seorang pun di Lituania berharap melihat generasi baru pemain bola basket Lituania tampil begitu hebat di usia yang begitu muda, jadi ini adalah salah satu perebutan medali yang paling mengejutkan oleh tim bola basket Lituania, yang mengingatkan dunia akan kemampuan negara ini di atas lapangan. lapangan basket.