Momen Olahraga Yang Berkesan Bagi Negara Belanda

Momen Olahraga Yang Berkesan Bagi Negara Belanda

Momen Olahraga Yang Berkesan Bagi Negara Belanda – Belanda memiliki lebih dari cukup banyak legenda olahraga dan telah menghasilkan beberapa atlet paling berbakat yang pernah menghiasi panggung dunia, termasuk pahlawan nasional berikut yang eksploitasinya menyebabkan momen-momen menentukan dalam sejarah negara itu.

Momen Olahraga Yang Berkesan Bagi Negara Belanda

Tipuan Johan Cruijff di Piala Dunia FIFA 1974

Legenda sepak bola Belanda Johan Cruijff memberikan kontribusi besar untuk permainan sepanjang karirnya dan membantu mengubah skuad nasional Belanda menjadi pembangkit tenaga listrik mutlak. Meskipun ia melakukan prestasi yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun, momen olahraga paling terkenal Cruijff terjadi selama Piala Dunia 1974 ketika ia berhasil mengecoh bek Swedia Jan Olssen dengan melakukan tipuan yang sekarang dikenal sebagai ‘Turn Cruijff’. Untuk manuver rumit ini Cruijff bertindak seolah-olah dia akan mengoper bola, lalu dengan cepat berbalik untuk mempercepat ke arah gawang lawannya, meluncur melewati Olssen dalam prosesnya.

Renier Paping Memenangkan ‘Neraka ’63’

Elfstedentocht adalah kompetisi skating kecepatan hampir 200 kilometer yang menyusuri sungai-sungai beku di Friesland. Acara ini hanya dapat terjadi ketika badan air ini membeku secara alami dan terkadang kompetisi tidak terjadi selama beberapa dekade karena suhu tinggi. Pada tahun 1963, Belanda mengalami musim dingin yang sangat keras yang menyebabkan Elfstedentocht terkenal yang biasa disebut ‘Neraka 63’. Meskipun 10.000 skater berpartisipasi dalam lomba ini, hanya 69 orang yang berhasil mencapai garis finis. Skater kecepatan Belanda Renier Paping memenangkan perlombaan terkenal ini setelah meninggalkan kompetisinya di tengah jalan dan ketekunannya yang luar biasa masih dilihat sebagai contoh sportifitas yang cemerlang di Belanda.

Fanny Blankers-Koen memenangkan empat medali di Olimpiade Musim Panas 1948

Fanny Blankers-Koen menghancurkan prasangka tentang kemampuan atletik wanita (dan ibu) dengan menjadi peserta paling sukses di Olimpiade Musim Panas 1948. Pada saat itu, banyak orang percaya bahwa wanita tidak cocok untuk atletik dan mengabaikan pesaing wanita sama sekali – sebagian karena gagasan misoginis tentang peran sosial dan fisiologi wanita. Fanny Blankers-Koen tetap memutuskan untuk berkompetisi selama pertandingan tahun 1948 di London dan membawa pulang empat medali emas.

Reglio Tuur Mengalahkan Kelcie Banks

Setelah lolos ke kompetisi pada tahun 1988, Reglio Tuur kemudian menghadapi juara dunia kelas bulu Kelcie Banks di Olimpiade Musim Panas di Seoul. Selama babak pertama pasangan, Tuur berdebat dengan lawannya selama sekitar satu menit, kemudian menjatuhkan Banks dengan dingin sebelum tanda dua menit pertandingan. Penampilan luar biasa Tuur mengejutkan penonton di seluruh dunia dan sejak itu pertandingan tersebut menjadi legendaris di Belanda.

Ranomi Kromowidjojo menjadi juara renang dunia di usia 17

Perenang gaya bebas Belanda Ranomi Kromowidjojo memulai karir internasionalnya dengan serangkaian kemenangan yang mencengangkan dan mencetak beberapa rekor dunia bahkan sebelum mencapai 18. Bersama rekan satu timnya Inge Dekker, Femke Heemskerk dan Marleen Veldhuis, Kromowidjojo berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing dan pergi bersama dua medali emas, hanya beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-18. Sejak itu, Kromowidjojo telah memenangkan banyak gelar lainnya dan saat ini memegang rekor dunia dalam renang jarak pendek 50 meter gaya bebas.

Adu Penalti Ellen Hoog melawan Selandia Baru

Ellen Hoog adalah pemain hoki lapangan pertama yang memutuskan pertandingan besar dengan mencetak gol selama adu penalti. Prestasi luar biasa ini terjadi pada pertandingan semi final yang dimainkan antara Belanda dan Selandia Baru di Olimpiade Musim Panas 2012. Empat tahun kemudian Hoog mengamankan pertandingan penting lainnya dengan tendangan penalti saat pertarungan sengit melawan Jerman di Olimpiade 2016.

Momen Olahraga Yang Berkesan Bagi Negara Belanda

Belanda memenangkan Kejuaraan Wanita UEFA pertamanya

Meskipun Belanda memulai kompetisi sebagai tim paling sukses ke-13 dalam sistem peringkat dunia resmi FIFA, mereka mengalahkan setiap skuad lainnya selama tahap kualifikasi dan semifinal Kejuaraan Wanita UEFA pada tahun 2017, kemudian melawan Denmark selama pertandingan final piala. Setelah babak pertama yang sulit, tim Belanda membuat lawan mereka lelah dan mengamankan kemenangan mereka, memenangkan pertandingan 4-2.