Hal Yang Tidak di Ketahui Tentang Pemain Hoki Es Finlandia

Hal Yang Tidak di Ketahui Tentang Pemain Hoki Es Finlandia

Hal Yang Tidak di Ketahui Tentang Pemain Hoki Es Finlandia – Hoki es adalah olahraga nasional Finlandia, dan popularitasnya sebanding dengan sepak bola di Inggris atau bisbol di Amerika Serikat. Ini adalah beberapa fakta menakjubkan tentang pemain hoki es Finlandia dan prestasi luar biasa mereka

Hal Yang Tidak di Ketahui Tentang Pemain Hoki Es Finlandia

Bagaimana sebuah negara kecil menghasilkan bakat yang begitu besar

Mengapa Finlandia melahirkan begitu banyak pemain hebat? Sekitar 260 gelanggang dalam ruangan yang ada di negara ini, gelanggang outdoor yang tak terhitung jumlahnya, dan lebih dari 75.000 pemain terdaftar dari populasi 5,7 juta telah membantu. Negara ini juga memasukkan hoki es sebagai bagian penting dari kelas pendidikan jasmani sekolah.

Kebanggaan nasional Finlandia terlihat dalam seragamnya

Seragam dari tim Finlandia sangat cocok dengan warna dari bendera Finlandia yakni, biru dan putih. Ini menonjolkan singa Finlandia dari lambang nasional, yang juga merupakan simbol untuk militer dan kepolisian.

Salah satu yang terhebat untuk memainkan game

Pemain Finlandia berperingkat teratas dalam sejarah olahraga ini adalah Teemu Selnne. Prestasinya termasuk mendapatkan satu Medali Kejuaraan Finlandia, tiga medali perunggu Olimpiade, dan satu medali perak sebagai bagian dari Tim Nasional Finlandia di Olimpiade Musim Dingin 2006 di Turin.

Pencapaian karir legendaris Jere Lehtinen

Hingga saat musim terakhirnya, Jere Lehtinen tidak pernah selesai dengan rating negatif plus minus. Dia sebelumnya pernah bermain untuk Dallas Stars dan sekarang telah menjadi manajer umum di tim Nasional Finlandia.

Swedia dan Finlandia memiliki (kebanyakan) persaingan hoki yang bersahabat

Tim Finlandia dan Swedia serta penggemar mereka sering membuat lelucon mengenai persaingan persahabatan mereka. Salah satu contohnya termasuk adegan dalam acara komedi The Autocrats ketika mereka menyarankan agar Finlandia menggunakan senjata nuklir untuk mencegah Swedia memenangkan kejuaraan. Pemain kelahiran Finlandia Tomas Sandstrom yang bermain untuk tim Swedia juga menimbulkan kehebohan. Sandstrom sekarang pensiun dari hoki dan bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran di Swedia.

Perjalanan Koivu yang luar biasa

Sesuai dengan sikap Finlandia ‘sisu’ atau ‘nyali’, diagnosis limfoma Saku Koivu mengancam karirnya, tetapi dia dengan cepat berhasil dan terus bermain dengan luar biasa. Selama pertandingan kembalinya di Molson Center di Montreal, ia menerima tepuk tangan meriah selama delapan menit dari para penggemar dan pendukungnya. Untuk kesembuhannya, ia dianugerahi Bill Masterton Memorial Trophy. Dia juga pemain Eropa pertama yang bermain sebagai kapten untuk Montreal Canadiens.

Satu-satunya perwakilan pria Finlandia di Hockey Hall of Fame

Jari Kurri adalah pemain Finlandia pertama yang dilantik ke dalam Hockey Hall of Fame pada tahun 2001. Sejauh ini, ia tetap menjadi satu-satunya pemain Finlandia pria yang termasuk dalam Hall of Fame. Dia adalah pemain kelahiran Finlandia dengan skor tertinggi dalam sejarah, membantu Finlandia memenangkan perak di Kejuaraan Dunia 1994, dan menikah dengan mantan Miss Finlandia.

5.000 dan terus bertambah

Finlandia adalah negara pertama di Eropa—dan negara ketiga secara keseluruhan—yang menganggap serius hoki es wanita. Liga hoki es wanita resmi pertama dibentuk pada tahun 1982 dengan banyak liga tidak resmi bermain di tahun 1970-an. Sekarang, lebih dari 5.000 wanita bermain, dan jumlah itu terus bertambah.

Tim wanita juga bersinar di panggung dunia

Tim hoki es nasional wanita Finlandia telah secara konsisten menemukan kesuksesan selama bertahun-tahun. Selama turnamen hoki Olimpiade wanita pertama di Olimpiade Musim Dingin 1998 di Nagano, tim Finlandia membawa pulang perunggu dan juga telah memenangkan emas di empat Kejuaraan Eropa. Saat ini, mereka berada di peringkat ketiga dunia.

Hal Yang Tidak di Ketahui Tentang Pemain Hoki Es Finlandia

Hall of Famer Hoki Pertama Finlandia

Riikka Nieminen memegang skor Olimpiade terkemuka sepanjang masa untuk pemain Finlandia, pria atau wanita. Dia adalah pemain Finlandia wanita pertama yang dimasukkan dalam Hall of Fame pada tahun 2010. Dia masih satu dari hanya empat pemain wanita yang termasuk dalam Hall of Fame dan satu dari hanya dua pemain Finlandia yang dilantik.